Penerbit Buku Aswaja

Penerbit Buku Aswaja
Home » » Burdah Tarannam : Mustofa feat Hasyim Abdun

Burdah Tarannam : Mustofa feat Hasyim Abdun

Written By Islammedia News.com on Jumat, 14 November 2014 | 06.22

Salam pengunjung setia yang dirahmati Allah SWT, di manapun berada entah di dunia nusantara maupun luar negeri. Mari kita senantiansa bershalawat karena dengan shalawat hidup akan diselimuti burdah Rasulullah Saw, sebagaimana yang termaktub dalam qasidah burdah yang dikarang oleh Imam Abu ‘Abdillah Syarafuddin Muhammad bin Sa’id bin Hammad bin Muhsin bin ‘Abdullah bin Shanhaj bin Hilal As Shanhaji al Bushiri atau lebih dikenal Imam al Bushiri.

Saking hebatnya Qosidah Burdah yang dikarang beliau maka beliau al Bushiri diberi gelar sebagai Sayyidul Muddah, yang berarti “Pemimpin para pemuji Rasulullah Saw”.

Diceritakan dalam Jamharatul Auliyaai wa A’laami Ahlit Tashauwufi, karangan ‘Aalimul Jalil as Sayyid Machmud Abul Faidl al Manufi al- Husaini (beliau ahli fiqih, ahli agama, sufi terbesar di zamannya):

"Qasidah Burdah ini menjadi terkenal tatkala Imam al Bushiri sakit syalal (lumpuh). Beliau lumpuh separuh badan. Dalam keadaan kesakitan dan tidak berdaya, Imam al Bushiri mengarang qasidah yang memuji Nabi Muhammad Saw. Qasidah ini disusun dengan begitu indah dan diulang-ulang oleh Imam al Bushiri. Puncaknya, pada satu malam ketika Imam al Bushiri tertidur, beliau bermimpi melagukan qasidah-qasidah yang dikarangnya di hadapan baginda Rasulullah Saw sendiri. Rasulullah Saw dalam mimpi tersebut begitu gembira dan menyukai qasidah tersebut, lantas baginda mengusap muka Imam al Bushiri dengan kedua tangannya yang mulia. Rasulullah Saw turut menyentuh bahagian tubuh Imam al Bushiri yang lumpuh dan memakaikan Imam al Bushiri dengan burdah beliau Saw. Begitu terbangun dari mimpi tersebut, Imam al Bushiri mendapati beliau tidak lumpuh lagi.

Kemudian diajarkan ke seorang pemuda: “Tadi malam aku bermimpi bahwa Nabi Saw didendangkan dengan qasidah-qasidah yang cukup indah yang memuji baginda. Aku lihat baginda begitu gembira dan menyukai qasidah tersebut dan memakaikan pakaian baginda (burdah) kepada orang yang melagukan qasidah tersebut. Dan aku melihatmu dalam mimpiku!” Saat itulah Qasidah Burdah menjadi sangat terkenal.

Berikut link downloadnya. Di klik adfly langsung download.
Sumber: Gema Sholawat

0 komentar :

Posting Komentar